KETIKA TAMAN REMAJA TAK LAGI INDAH....( ENDE LIO FLORES ) oleh Mukhlis A. Mukhtar, ST...

KETIKA TAMAN REMAJA TAK LAGI INDAH....
( ENDE LIO FLORES ) 
oleh Mukhlis A. Mukhtar, ST...

             Apa yang kita ketahui tentang taman remaja? Mungkin orang berpendapat sepeleh tentang taman tersebut. Saya tidak tahu persis taman remaja itu dibangun tahun berapa? Yang saya ketahui Taman Remaja mempunyai kenangan masa kecil yang indah buat saya.
Sekilas cerita……..Yang menarik ketika saya berumur 6 tahun, minggu seperti hari biasanya seorang ayah mengajak anaknya untuk berjalan di kota Ende. Ketika sedang melewati Jalan Sukarno sang anak meminta ayahnya untuk menghampiri sebuah taman yang berada persis di pinggiran Jalan Sukarno. Sang ayah mulai mengajak anaknya untuk memasuki taman remaja yang pada waktu itu terlihat ramai karna mungkin bertepatan pada hari minggu. Seperti kebangakan anak kecil lainya mulailah saya mengajak ayah untuk mengelilingi taman tersebut. Yang saya dapati di dalam taman tersebut adanya fasilitas – fasilitas yang menarik untuk saya nikmati seperti area air mancur yang mempunyai kolam berbentuk lingkaran serta patung – patung indah serta memiliki nilai seni yang tinggi dan terdapat juga fasilitas pendukungnya yang mungkin hilang dari ingatan saya. Pada masa itu saya merasa berada di taman yang paling indah yang ada satu – satunya di kota Ende.
Suasana Taman Remaja Masa Ada Kambing di Dalamnya
Sumber Foto Pribadi 2011
             Seiring dengan waktu taman yang indah tersebut tidak saya dapati pada masa sekarang. Saya tidak tahu persisnya kenapa? Yang saya lihat adanya perubahan – perubahan signifikan dari taman remaja yang mempunyai berbagai macam fasilitas – fasilitas tambahan yang mungkin mempunyai nilai lebih untuk dibangun oleh Pemerintah Daerah setempat. Contohnya adanya Museum Bahari yang berada tepat di dalam taman remaja serta bangunan – bangunan baru seperti rumah adat Ende Lio yang mungkin dibangun pada masa itu mempunyai maksud tersendiri. Adanya pemisahan taman rejama yang berubah menjadi 2 area. Penambahan – penambahan tersebut dapat mempunyai nilai tersendiri dari taman remaja.
Papan Reklame yang rusak dan tidak di fungsikan
Sumber Foto Pribadi 2011
              Apa cukup hanya di bangun saja ? tampa harus memikirkan dari segi perwatannya. Yang saya dapati sekarang hanyalah berupa taman yang dipagari kawat setinggi satu setengah meter yang mempunyai taman di dalamnya layak seperti hutan belantara.
Peran Pemerintah dianggap penting mengatasi masalah tersebut serta didukung oleh berbagai elemen masyasarakat. Hal yang terpenting inilah yang dapat merubah citra taman remaja. Penataan kembali Taman Remaja kota Ende perlu dilakukan, penelitian terhadap faktor –faktor apa saja yang selama ini menjadi masalah dalam upaya meningkatkan nilai kegunaan dari Taman remaja tersebut secara optimal, Masalah -masalah tersebut kemudian dianalisa dan dicarikan solusi dan yang paling bijaksana, dan tentunya dalam menetapkan masalah-masalah tersebut perlu didilakukan pengujian dan penelitian yang seksama dan dilakukan analisa secara menyeluruh terhadap faktor faktor penyebabnya, dan apakah masalah masalah tersebut punya keterkaitan atau dampak yang saling mempengaruhi.
Kambing Juga Menikmatinya
Sumber Foto Pribadi 2011
               Tujuan dari penataan kembali Taman Remaja adalah untuk Memaksimalkan peran Taman Remaja sebagai pengerak penggembangkan kawasan sekitar taman tersebut serta mampu memnampilkan keselarasan dan keseraganan sebagai satu kesatuan kawasan.
Menegaskan taman remaja sebagai salah satu ruang public di kota Ende pada awal pendiriannya memang sudah direncanakan menjadi sebuah pusat hiburan atau rekreasi yang dilengkapi dengan pusat – pusat pertemuan misalnya ; tempat – tempat olah raga, kantor pemerintahan, dan dilengkapi jalur – jalur transportasi yang yang sangat memadai.
Dan kini Taman Remaja juga diharapkan mampu menjadi pusat ruang public dari kawasan tersebut yang tersusun rapi dan selaras. Serta menjadi unsur yang menekankan betapa pentingnya Taman Remaja tersebut dan sebagai daya tarik untuk aspek –aspek perekonomian dan komersil di Kota Ende.






Pengelolahan Taman Yang Tidak berfungsi
Sumber Foto Pribadi 2011


Lapak lapak pedagang
Sumber Foto Pribadi 2011

Komentar

  1. Keren muklis, teruslah berkarya, mengungkap kekayaan Ende Lio, kekayaan arsitektur tradisional Ende Lio yang berbalut sosial budaya dan beragam nilai lokal nusantara...

    BalasHapus
  2. asslamualaikum kae, begini kae mau minta pendapat kebetulan mau mengangkat Taman Remaja sebagai penelitian tesis saya..
    Judulnya.. Peranan Taman Remaja Sebagai Area Rekreasi Taman Kota bagi Masyarakat Kab.Ende.
    Bagaimana Menurut Ka,e..?

    BalasHapus
  3. terus berkarya
    kunjungi blog saya musafirflorez.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer